6 Metode Jitu Hemat Listrik Di Rumah

6 Metode Jitu Hemat Listrik Di Rumah

startwithdayton.com – Listrik merupakan bagian penting bagi kehidupan kita dan harus digunakan sehemat mungkin. Kebiasaan untuk menghemat energy listrik di rumah harus selalu dilakukan agar bisa menghemat pengeluaran dan juga mengurangi efek pemanasan global. Trik berhemat harus dilakukan secara kompak oleh anggota keluarga agar berhasil dalam  merealisasikannya. 

Metode Jitu Hemat Listrik

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghemat  listrik, diantaranya adalah :

1. Menggunakan pencahayaan alami

Buat rumah Anda menjadi penuh cahaya dengan membuka tirai jendela setiap harinya. Sinar matahari yang masuk secara alami akan memenuhi ruangan sehingga Anda tidak membutuhkan banyak listrik. Selain itu sinar matahari akan membantu ruangan agar tidak lembab dan mematikan bakteri. 

2. Mengganti bolam lampu

Saat ini ada banyak sekali jenis  lampu yang ada di pasaran. Agar lebih hemat menggunakan listrik, Anda dapat memilih jenis bolam lampu CFL (Compact Fluorescent Light) ataupun lampu LED. Lampu jenis ini terbukti lebih menghemat energy dan juga tahan lama. 

Jenis lampu ini adalah solusi pengganti bolam lampu pijar karena penggunaan energinya hanya ¼ nya saja. Ada pula bolam lampu led yang lebih awet dan tidak mengandung merkuri. Walaupun harganya lebih mahal dibanding dengan bolam biasa, namun dapat lebih menghemat pengeluaran Anda untuk membayar tagihan listrik. 

 

4. Mematikan lampu

Cara ini adalah yang paling mudah dan banyak digunakan dalam upaya menghemat listrik. Minimalisirlah penggunaan lampu dengan menyalakan yang dipakai saja. Jangan lupa mematikan lampu di ruangan yang tidak sedang dipakai karena ini akan sangat membantu. Solusi lain yang dapat dicoba adalah mematikan lampu atau menggunakan lampu yang redup saat tidur. 

 

5. Mencabut steker peralatan

Taukah Anda bila ternyata peralatan yang terpasang di steker tetap mengkonsumsi listrik? Hal ini juga harus Anda perhatikan. Mungkin terkesan sepele dan Anda menganggapnya hanya memakan sedikit daya, namun bila dilakukan terus menerus tentu saja akan memakan banyak daya. Hal ini tentu saja terasa tidak nyaman karena harus mencabut dan menancapkan lagi namun ini adalah cara untuk berhemat. 

6. Mengganti peralatan dengan yang hemat energy

Seiring berkembangnya teknologi, tentu saja akan muncul model peralatan baru yang lebih bagus dan hemat energy. Bila peralatan Anda dirasa sudah cukup tua dan ingin membeli yang baru, belilah yang hemat listrik. Ini akan sangat membantu Anda dalam mengurangi anggaran biaya listrik setiap bulannya. 

Sebelum membeli peralatan tersebut, cermatilah terlebih dahulu karena biasanya akan ada tanda atau symbol di peralatan tersebut yang menunjukkan besarnya energy yang digunakan. Bila Anda merasa bingung, Anda bisa menanyakannya pada penjual agar direkomendasikan pada peralatan yang lebih hemat tenaga listrik. 

7. Menggunakan peralalatan lebih jarang

Untuk hemat listrik, pakailah peralatan lebih jarang dengan cara menyelesaikan pekerjaan rumah saat sudah dibutuhkan. Misalnya saja saat menggunakan mesin cuci, tunggu sampai baju terkumpul cukup banyak baru dicuci agar tidak berulang kali dan memakan banyak energi. 

Baca Juga : Cara Tepat Membuat Grafik di Excel 2010 dengan Benar

Lakukanlah kebiasaan untuk menghemat energy listrik di rumah ini bersama keluarga Anda agar tidak menambah beban listrik yang harus dibayar. Dengan menghemat listrik kita juga membantu untuk mengurangi efek global warming. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *